Senin, 04 Mei 2015

PUNCAK BLOGTOUR MISTERI PATUNG GARAM : Temukan Pembunuhnya





Nah, kali ini blogtour Misteri Patung Garam sudah mencapai puncaknya. Ingin tahu apa hadiahnya? Akan ada dua pemenang yang berhak mendapat.

Pemenang 1 : jam dinding, gantungan kunci, novel Misteri Patung Garam, dan novel karya Ruwi Meita yang lain
Pemenang 2 : tumbler, gantungan kunci, novel Misteri Patung Garam, dan novel karya Ruwi Meita lainnya.
Bagaimana cara mendapatkannya?
1. Follow akun @RuwiMeita25 & @GagasMedia
2. Like FanPage KIRI Lamari 
3. Share Giveway ini di akun media sosialmu.
  Jika di twitter mention bloghost yg sedang mengadakan, mention @RuwiMeita25, @gagasmedia pakai hashtag #MisteriPatungGaram
  Jika di Facebook, share giveway di facebook dan mention host Ruwi Meita dan FanPage KIRI Lamari hashtag #GAMisteriPatungGaram
4.  Tugas kamu adalah menebak siapa pelakunya sesuai dengan dugaan Kiri Lamari. Ada empat tersangka yaitu Kania, Doni, Farhan, dan Fani. Pilih salah satu di antara mereka beserta alasannya. O ya, ada yang usul supaya komentarnya dimoderasi biar ga contek-contekan jawaban. Nanti setelah ada pemenangnya baru kutampilkan komentar semuanya ya.
5.  Giveaway ini berlangsung sejak 4 Mei – 11 Mei 2015. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada 12 Mei 2015.

Berikut adalah kisah pembunuhan Kiandra yang harus kamu pecahkan. Ikuti ceritanya baik-baik karena mungkin kamu akan menemukan clue. Jika kamu beruntung mendapatkan novel Misteri Patung Garam kamu akan bertemu lagi dengan Kiri Lamari, Kenes, dan Ireng. Nah, jika kamu kesulitan menentukan pembunuhannya maka saya menyarankan untuk fokus pada surat dan kartu remi yang ditemukan Kiri Lamari. Baca baik-baik surat itu. Oke? Kalau begitu sila baca kisah pendek ini. Selamat menikmati. 


Kiri, Ireng, dan Kenes mendatangi sebuah pesta pertunangan teman SMA Kenes di sebuah hotel berbintang lima.  Ireng yang tak suka memakai baju resmi sedari tadi menekuk wajahnya. 
“Senyumlah dikit kenapa? Mukamu mirip keset buluk,” kata Kiri Lamari. Ireng semakin menekuk wajahnya. 
“Seharusnya aku pakai sarung ke sini tadi sama celana pendek,” ketus Ireng.
“Koyo maling wae.”
“Yo ben!” killah Ireng.
“Kalian ini,” seru Kenes. “Bisa nggak sih damai sehari aja?”
Ireng melambaikan tangannya lalu berkata dengan suara malas,”Damai.”
Kiri tidak meladeni Ireng lagi dan mulai ngobrol dengan Kenes.
“Ngomong-ngomong temenmu sukses banget ya. Acara pertunangan aja kaya pernikahan begini. Mewah.”
“Kania akan menikah dengan Doni, pengusaha paling sukses. Anak tunggal lagi. Nggak heran pesta pertunangan aja mewah begini.”
“Doni itu juga teman satu SMA denganmu, kan?”
Kenes mengangguk.
“Doni, Farhan, Kania, Kiandra dan Fani dulu sangat kompak saat SMA. Kemana-mana selalu bersama. Kania dan Kiandra itu sepasang kembar. Wajahnya identik Cuma nasibnya beda. Saat kuliah Kiandra kecanduan obat terlarang. Sudah dua kali mencoba bunuh diri.”
Kiri manggut-manggut. Mereka masuk ke dalam hall setelah mengisi buku tamu. Seorang perempuan melambaikan tangan padanya.
“Kenes!”
“Hai, Fani!”
Fani menjabat tangan Kenes dan mencium pipi kiri dan kanannya. 
“Aha, ini pasti pacar polisi yang kamu banggakan itu kan?” Fani melirik pada Kiri Lamari yang menyambutnya dengan anggukan kepala tipis. Belum sempat Kenes mengenalkan Kiri tiba-tiba Ireng sudah maju ke depan dan memajukan tangannya ke arah Fani.
“Aku Ireng. Aku adalah calon anak mereka.”
Fani menyipitkan matanya.
“Calon anak?”
“Ah ya, aku ngerti kok. Aku memang terlalu tampan untuk jadi anak mereka. Tapi percayalah mereka cukup beruntung jika mengadopsiku.”
Fani tertawa. Kiri melengkungkan bibirnya. Rasanya dia ingin menjitak Ireng. 
“Dia lucu banget.”
“Ya, dia memang comel,” kata Kenes.
“Oh ya, tentu saja,” gumam Kiri kesal.
“Ayo masuk. Sebentar lagi acara dimulai. Mari kuantar ke meja kalian.”
Kenes melirik meja dan kursi cantik yang tersusun rapi di hall hotel ini. Acara pertunangan ini menggunakan cara table manner. 
“Farhan, Kiandra juga datang kan?”
“Tentu saja. Bagaimana mungkin mereka melewatkan acara indah ini,” kata Fani. 
“Bagaimana kabar Kiandra?”
“Ah dia sedang berjuang keras keluar dari narkoba. Kupikir sekarang dia jauh lebih baik.”
“Syukurlah.”
“Nah, silakan menikmati acara ini. Kutinggal dulu ya.”
Sepeninggal Fani, Kenes, Kiri, dan Ireng duduk tenang di meja mereka. Para tamu mulai mengisi meja mereka masing-masing. Waktu berlalu. Pesta itu tidak ada tanda-tanda dimulai.
“Uhm, lama banget sih. Selak lumuten ki,” gumam Ireng.
Kiri melirik Ireng yang mulai bosan. Kenes juga mulai gelisah. Kiri menangkap ketidakberesan saat makanan mulai dihidangkan padahal acara belum dimulai.
“Ada yang tidak beres,” kata Kiri dan Kenes bersamaan. 
“Kupikir kalian lebih cocok jadi saudara kembar daripada pasangan,” keluh Ireng. Dia berdiri. Kenes menoleh kepadanya.
“Mau kemana?”
“Pipis,” jawab Ireng enteng.
“Kamu tahu tempatnya?” tanya Kiri.
“Aku punya mulut untuk bertanya,” jawab Ireng penuh percaya diri
“Ah kupikir mulutmu hanya untuk ganyang makanan aja.”
Kenes memukul dada Kiri dengan punggung tangannya,”Hus.”
Ireng tersenyum manis lalu beranjak. Cukup lama dia menghilang.
“Kupikir dia kencing di jembatan Suramadu,” 
“Biar kucari,” kata Kenes.
“Aku ikut,” kata Kiri.
Mereka berdua mencari Ireng dimana-mana namun tak menemukannya. 
“Lupakan, mungkin dia sudah kembali ke hall. Lagian kalau dia pulang dia sudah tahu jalannya.”
“Ah, kau ini selalu tidak perhatian padanya,”keluh Kenes.
“Ya, kau ini harusnya lebih perhatian dengan bocah ganteng sepertiku,” seru Ireng dari lorong samping.
“Ah, kamu ini kemana aja sih?” seru Kenes.
“Sudah aku bilang, aku pipis. Hanya saja ada yang aneh. Aku melihat temanmu tadi menangis. Di sana,” kata Ireng.
“Siapa? Fani?”
Ireng mengangguk. Kenes berjalan menuju tempat yang dituju Ireng. Di sebuah sudut Fani menangis dan sedang ditenangkan oleh seorang pria.
“Farhan,Fani ada apa?”
“Sesuatu yang buruk terjadi,” jawab Fani dengan suara terbata-bata.
“Fan,” tegur Farhan.
“Tidak apa-apa. Pacar Kenes seorang polisi. Dia bisa membantu kita.”
Fani mengajak Kenes, Kiri, dan Ireng naik ke atas menuju sebuah kamar, sementara Farhan tetap memegangi Fani yang sepertinya begitu terpukul. Fani membuka kamar dan didalamnya sudah menunggu sepasang laki-laki perempuan dengan wajah tak kalah depresi.
“Kania, Doni, ada apa ini?” tanya Kenes.
“Fani, kenapa kamu membawa mereka? Kita sudah janji merahasiakan ini dari orang luar. Tamu-tamu bisa panik,” kata Doni.
“Aku tahu, tapi pacar Kenes polisi. Dia bisa membantu kita.”
“Kami menemukannya setengah jam yang lalu,” kata Kania sambil menunjuk ke arah kamar mandi. “Kupikir dia sudah membaik. Aku tidak menyangka Kiandra akan bertindak senekat itu.” Kiri langsung tanggap. Dia meminta semua orang mundur. Dengan pelan dia masuk ke dalam kamar mandi dan mendapati pemandangan tak sedap. Seorang perempuan tenggelam di dalam sebuah bath tub yang penuh air. Kiri menoleh ke arah meja rias dan menemukan botol obat tidur yang sudah kosong. Kiri yakin korban bernama Kiandra, sebab dia memiliki wajah yang sama dengan Kania. Kiri keluar lalu memeriksa kamar. Ada sebuah buku motivasi, marketing, dan mengenai bisnis online di atas bantal. Dia memeriksa keranjang sampah dan menemukan remasan kertas. Kiri membukanya dan di dalam remasan kertas itu ada sebuah kartu remi 3 hati yang diberi tanda titik dari spidol hitam. Kiri membaca tulisan di dalam remasan surat itu. Saat dia membaca untuk ketga kalinya dia yakin Kiandra tidak bunuh diri melainkan dibunuh.
Isi surat itu adalah

Berusaha berkata jangan adalah sesuatu yang berat. Aku telah bertindak keras memperbaiki diriku. Dulu aku bodoh karena menjejalkan obat-obat setan itu ke dalam tubuhku. Tetapi kakakku Kania telah berusaha kerasa memotivasi diriku. Hanya kakakku Kania yang tahu apa yang kuperlu. Fani juga sudah berusaha keras membantuku dengan mengajakku berbisnis bersama Farhan. Aku ingin tahu apakah aku berhasil kali ini. Memang menjalin hubungan bisnis dengan teman-temanku sendiri mungkin akan membantuku. Meski terkadang gelap masih menghantuiku. Aku bersyukur Doni dan Kania selalu mendukungku. Suatu pikiran dengan perasaan tak mudah diatur. Setiap waktu Fani mengajariku bagaimana menyeimbangkannya. Pertunangan indah Kania dan Doni sudah kutunggu. Jiwaku yang hancur akan kembali membaik. Rasa haru dan bahagia menggelayutiku. Kuharap mereka akan bahagia. Cinta mereka nekat tapi indah. Jika saja aku juga menemukan cinta seperti mereka. Aku pasti menemukan laki-laki itu, Fani yakin akan hal itu. Kadang-kadang obat dari jiwa hancur adalah cinta sejati. Calon kekasihku tidur di tempat yang jauh. Waktu yang dalam masih menyimpannya rapat. Seperti sebuah tas yang menyembunyikan mainan indah. Dulu sekali Kania sering menceritakan perumpamaan tas itu. Setiap waktu dia bergumam soal kekasih yang masih disembunyikan waktu. Aku mungkin akan bertemu dengan calon kekasihku, tapi kapan. Ingin rasanya membunuh waktu agar berhenti mempermainkanu. Namun acapkali Fani menyuruhku bersabar.


57 komentar:

  1. Aku menebak pelakunya adalah Doni. Aku mulai curiga ketika Fani mengajak Kiri, Kenes dan Ireng ke kamar yg sudah ada Kania dan Doni didalamnya. Saat itu Doni berkata “Fani, kenapa kamu membawa mereka? Kita sudah janji merahasiakan ini dari orang luar. Tamu-tamu bisa panik,”. Disini Doni sudah menunjukkan ketakutannya.

    Kemudian dari petunjuk yg ditemukan Kiri yaitu kartu remi 3 hati yg ada tanda titik dari spidol hitam, menurutku ini seperti kisah cinta segitiga antara Kiandra, Doni dan Kirana. Namun Kiandra sakit hati karena akhirnya Doni memilih untuk bertunangan dengan Kirana. Dugaanku di perkuat dengan surat yg mengungkapka "Aku bersyukur Doni dan Kirana selalu mendukungku. Suatu pikiran dengan perasaan tak mudah diatur. Setiap waktu Fani mengajariku bagaimana menyeimbangkannya". Mungkin Kiandra sudah ikhlas jika Doni bersama kakaknya, meskipun terkadang dia masih susah mengendalikan persaannya, dan menurutku Fani tahu hal ini. Ini bukti yg menunjukkan Kiandra berharap kakaknya bahagia dengan Doni. Jiwaku yang hancur akan kembali membaik. Rasa haru dan bahagia menggelayutiku. Kuharap mereka akan bahagia". Juga ini yg memperkuat bahwa Doni yg Kiandra cintai. "Calon kekasihku tidur di tempat yang jauh".

    Mungkin karena Doni tidak ingin hubungannya dengan Kirana hancur karena takut Kirana mengetahui kisah cintanya dengan Kiandra, maka Doni tega membunuh calon adik iparnya sendiri..


    Nama : Irmawati
    twitter : @irmaa_waati

    BalasHapus
    Balasan
    1. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
      DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

      Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG GAIB
      3.JUAL TUYUL MEMEK
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI KANJENG<=…
      >>>085-320-279-333<<<





      SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
      DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

      Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG GAIB
      3.JUAL TUYUL MEMEK
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI KANJENG<=…
      >>>085-320-279-333<<<





      SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
      DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

      Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG GAIB
      3.JUAL TUYUL MEMEK
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI KANJENG<=…
      >>>085-320-279-333<<<

      Hapus
  2. Mbak Ruwi, KIrana itu siapa?
    Bukannya si kembar namanya Kania-Kiandra, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah kuedit. Maaf ya, salah masukin cerita yang belum diedit

      Hapus
    2. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Ibu Anita Tki Malaysia, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang bapak tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya menemukan jalan /solusi . saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Sudah banyak para normal yg kami mintai angka togel dan uang gaib cuma Ki Witjaksno yg berhasil alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi Ki Witjaksno:0852_2223_1459. ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya KLIK->KLIK DISINI 4d 5d 6d

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Aku udah dapet gambaran besar kasusnya. Tapi masih bingung dengan nama si kembar. Jika aku asumsikan Kirana pada surat sama dengan Kania, maka:

    Pelakunya Kania (Kalau dalam surat Kirana).

    Petunjuknya ada pada kartu remi 3 hati dengan titik yang merujuk pada surat. Jika kita ambil kata ketiga masing-masing tiap kalimat, maka akan ditemui.

    "Jangan bertindak bodoh, Kirana. Kirana sudah tahu hubungan gelap Doni dengan Fani. Kirana hancur dan akan nekat. Aku menemukan obat tidur dalam tas Kirana. Kirana akan membunuh Fani."

    Hipotesisku, si Kiandra mengetahui rencana kakaknya. Ia berusaha menasehati kakaknya Kania (dalam surat tertulis Kirana). Namun, kakaknya sudah sangat marah dengan hubungan Doni dan Fani apalagi mereka akan bertunangan. Oleh sebab itu, ia berbalik membunuh Kiandra untuk menutupi rahasianya. ^^

    Asumsi ini jika Kirana = Kania. Kalau diubah lagi, nanti aku komen lagi. ^^

    Nama : Bimo Rafandha
    Twitter : @bimorafandha
    Email : bimorafandha@gmail.com

    BalasHapus
  5. Maaf Bimo aku masukin cerita yang belum diedit. Yang kumaksud Kania. Jadi Kania dan Atau Kirana kuanggap sama. Maaf ya

    BalasHapus
  6. Harusnya jawaban di moderasi mbak^^

    BalasHapus
  7. Yang mati sebenarnya adalah Kania. Yang membunuh Kiandra. Soalnya, dia ingin menemukan cinta sejati. Dan tidak sabar menunggu terlalu lama lagi. Dan bukankah hanya Kania yang tahu apa yang dibutuhkan Kiandra? Bisa jadi Doni juga merupakan cinta sejati Kiandra.


    Kadang-kadang obat dari jiwa hancur adalah cinta sejati.

    Jika saja aku juga menemukan cinta seperti mereka.

    Hanya kakakku Kirana yang tahu apa yang kuperlu.


    *sebenarnya saya pusing, sudah baca lima kali nggak yakin2. Akhirnya, berimajinasi sendiri
    Ngahahahahaah....
    *kabur pake sapu Mimi Hitam*

    BalasHapus
  8. Pelakunya Kania.

    Membaca surat itu sepertinya Kiandra saudara kembar yang didominasi oleh kembarannya si Kania. Dia juga cemburu dengan cinta Kiandra dan Doni. Kasus cinta segitiga.


    Nama : Naqiyyah Syam
    Email : naqiyyah_syam@yahoo.co.id
    Twitter : @Naqiyyah_Syam


    BalasHapus
  9. Aku nebak pelakunya Fani karena dia nggak sengaja menemukan Kiandra memakai obat terlarang di kamar mandi dan mungkin dia kesal Kiandra tidak mau bertobat

    BalasHapus
  10. Pelakunya Fani, Kania, Doni, Farhan.

    1. Meski Fani sering menasehati Kiandra, mungkin kali ini dia capek untuk mengurus Kiandra. Di kamar itu juga ada buku marketing dan lainnya, mungkin Kiandra yang masih dalam masa penyembuhan tidak terlalu mengerti dengan penjelasan-penjelasan Fani, lalu botol obat yang sudah kosong itu ulah Fani yang sangat kesal pada Kiandra.
    Di sisi lain juga, pembunuhan itu udah direncanakan. Terbukti dari kata-kata Fani yang memuji-muji polisi pacar Kenes, yang bisa membantu 'mereka' menyembunyikan kasus kematian Kiandra.

    2. Kania dan Doni yang sudah berteman lama dengan Fani. Mereka mengetahui ulah temannya itu yang membunuh Kiandra. Kebetulan, keduanya juga kesal dengan tingkah Kiandra yang tak sepenuhnya sembuh. Dan juga Kania merasakan keirian saudarinya itu pada pacarnya sehingga membiarkan saudari kembarnya itu terbunuh di tangan temannya.

    3. Farhan yang merupakan teman bisnis Kiandra ikut merencakan pembunuhan. Sementara teman bisnis itu hanyalah kedok agar tahu lebih banyak sifat Kiandra.


    Lalu untuk kartu remi gambar tiga hati itu, mungkin adalah gambaran Doni, Kania, Fani. Sedangkan titik hitam itu adalah Kiandra yang dianggap menyusahkan ketiganya.

    Untuk pesan itu sendiri adalah ungkapan perasaan Kiandra yang sudah menebak-nebak keempat orang itu tidak pernah menyukainya karena nasib sialnya sebagai pecandu narkoba beberapa waktu silam.

    (Maaf kalo gak tepat >.< )

    Nama : Fitra Aulianty
    Email : fitra.aulianty@gmail.com
    Twitter : @fira_yoopies

    BalasHapus
  11. Berkali-kali aku baca, aku pusing sendiri hahaha tapi akhirnya aku dapet beberapa dugaan

    Orang yang terlihat "tidak akan mungkin membunuh" biasanya bisa jadi tersangka utama.
    Berusaha berkata jangan adalah sesuatu yang berat << mencurigakan, si tersangkanya ini berusaha melawan kenyataan dan dirinya sendiri untuk melarang melakukan sesuatu yang buruk.
    Dulu aku bodoh karena menjejalkan obat-obat setan itu ke dalam tubuhku << ini hanya perumpamaan, biar konteksnya mengarah kuat ke Kiandra yang merupakan mantan pecandu.
    Tetapi kakakku Kania telah berusaha keras memotivasi diriku. Hanya kakakku Kania yang tahu apa yang kuperlu. << ini juga perumpamaan bahwa si tersangka menganggap kania adalah segalanya &mengerti dirinya seutuhnya.
    Aku ingin tahu apakah aku berhasil kali ini<< tersangka udah merencanakan sesuatu & menunggu apakah rencana itu berhasil
    Pertunangan indah Kania dan Doni sudah kutunggu. Jiwaku yang hancur akan kembali membaik. Rasa haru dan bahagia menggelayutiku. << Si tersangka ini bahagia karena hari pertunangan tiba tandanya rencana dia akan segera dilakukan
    Calon kekasihku tidur di tempat yang jauh. Waktu yang dalam masih menyimpannya rapat. Seperti sebuah tas yang menyembunyikan mainan indah << tersangka merencanakan untuk menyembunyikan kania di Suatu tempat yang jauh.
    Ingin rasanya membunuh waktu agar berhenti mempermainkanku. << perumpamaan, bahwa sebenarnya dia udah lama banget nyimpan rencana itu dan akan segera melancarkan aksinya
    Namun acapkali Fani menyuruhku bersabar << si fani selalu meredam emosi tersangka buat nggak melakukan hal-hal yang di luar kewajaran
    Ada sebuah buku motivasi, marketing, dan mengenai bisnis online di atas bantal << Ini ada dua kemungkinan sih, antara si korban lagi tiduran santai sambil baca buku atau memang si tersangka gak sengaja ninggalin jejak, atau pas si korban mau teriak, si tersangka nutupin mukanya pake bantal terus korban meronta-ronta dan buku-buku itu jatoh berserakan lalu dipungut oleh si tersangka.
    Kania akan menikah dengan Doni, pengusaha paling sukses << tersangka dendam sama doni karena dia pengusaha yang paling sukses dan telah merebut orang yang udah dia suka/cintai dari SMA
    kartu remi 3 hati yang diberi tanda titik dari spidol hitam << persahabatan tiga orang yang ternodai sama titik hitam, dan titik hitam itu adalah cinta, cemburu dan bisnis

    Farhan suka Kania dari lama, dari SMA tapi disisi lain farhan saingan sama Doni baik itu bisnis maupun cinta. Nah, si Farhan ini tentu cemburu dan dendam banget. Dia sengaja mau nyulik si Kania dari pesta pertunangannya dan membawanya jauh. Mangkannya ada botol obat tidur biar dia gak berontak (jadi nanti si Farhan nyekokin obat tidur beberapa butir ke Kania biar dia tidur), tapi karena Kiandra dan Kania itu kembar identik si Farhan jadi salah mengenali. Karena panik takut ketauan, si Farhan jadi bunuh si Kiandra yang awalnya ngira itu Kania, jadi si Farhan menjejali Kiandra dengan obat tidur lalu membekapnya dengan bantal sampai kehabisan napas dan tewas, karena meronta-ronta buku-buku yang ada di dekat si korban berserakan. Untuk menghilangkan jejak, si Farhan ngeberesin semuanya, terus dia lupa bukannya naro buku-buku itu ke meja malah di Atas bantal dan dia juga lupa membawa botol obat tidur itu.
    Dia menyeret tubuh Kiandra, lalu menenggelamkannya dalam bath up biar bikin seolah-olah Kiandra depresi karena kembarannya tunangan sama doni akhirnya bunuh diri. Atau si tersangka sengaja bikin Doni tersudutkan karena bisa jadi mikirnya kan Doni yang bakal ngebunuh Kiandra karena tau kalo Doni selingkuh sama Fani.

    Mita Oktavia
    @Oktaviamithaa

    BalasHapus
  12. pelakunya Fani

    di surat itu terus menerus memuji Fani, dan itu berlebihan, mencurigakan.


    Nama : dian nafi
    Twitter : @diannafi2

    BalasHapus
  13. Pembunuhnya Kania



    Petunjukknya.
    • “kartu remi 3 hati yang diberi tanda titik dari spidol hitam.”
    • Berusaha berkata jangan adalah sesuatu yang berat.
    • Aku bersyukur Doni dan Kania selalu mendukungku. Suatu pikiran dengan perasaan tak mudah diatur.
    • Pertunangan indah Kania dan Doni sudah kutunggu. Jiwaku yang hancur akan kembali membaik.
    • Kisah cinta Doni dan Kania itu nekat tapi indah (Cinta mereka nekat tapi indah.)
    • Ditambah tentang isi surat yang ini Dulu sekali Kania sering menceritakan perumpamaan tas itu. Setiap waktu dia bergumam soal kekasih yang masih disembunyikan waktu. Aku mungkin akan bertemu dengan calon kekasihku, tapi kapan. Ingin rasanya membunuh waktu agar berhenti mempermainkanku.


    Cinta segitiga. Pertunangan yang ditunggu sejatinya itu melukai Kiandra. Dia merasa tak adil—itulah salah satu alasannya dulu menjerumuskan diri dalam narkoba ketika dia mengetahui kenyataan perumpamaan tas yang sering saudara kembarnya—Kania--ceritkan adalah tentang hubungannya dengan Doni yang juga pacarnya.

    Meski Kania dan Doni membantu proses kesembuhan Kiandara itu hanya seperti rasa bersalah karena telah menghianatinya. Bahkan Kiandra merasakannya (Aku bersyukur Doni dan Kania selalu mendukungku. Suatu pikiran dengan perasaan tak mudah diatur.)


    Kania sedari awal memang sudah tahu kalau Doni sempat menyukai Kiandra. Dan itu membuatnya semakin berambisi memiliki Doni seutuhnya. Bukankah tak apa meski Doni menyukai Kiandra tidak masalah kan jika wajah mereka sama karena kembar identik. Dia akan berusaha mewujudkannya. Nyatanya dia berhasil hingga mereka akan bertunangan. (inilah kisah cinta yang nekat)

    Kiandra pun sangat menyayangi saudaranya, (Berusaha berkata jangan adalah sesuatu yang berat), meski dia kerap merasa sakit Kiandara tetap berdoa untuk kebahagiaan mereka. “Pertunangan indah Kania dan Doni sudah kutunggu. Jiwaku yang hancur akan kembali membaik.”

    Walau kadang ingin menggugat waktu kenapa mereka harus menyukai satu pria. (Ingin rasanya membunuh waktu agar berhenti mempermainkanku.) Tapi Kiandra tak mampu.

    Dan ambisi Kirana membuatnya gelap mata, ketakutan masih sering menghantuinya, takut Doni akan berpaling sewaktu-waktu. Padahal di telah berhasil menaklukkan hati Doni dan akan segera bertunangan. Lalu salah satu cara untuk menghilangkan ketakutannya adalah melenyapkan biang masalah, agar tak ada yang menggoyahkan kepemilikannya. Yah, tentu Kiandra harus dilenyapkan agar tak menghalangi kebahagiannya. Kalau seperti itu cinta Doni akan seutuhnya menjadi milik Kania.

    Nama : Ratnani Latifah
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    E-mail : Kazuhanael_ratna@yahoo.co.id




    BalasHapus
  14. suratnya lumayan aneh menurutku. tapi karena berbekal kartu remi tiga hati, aku dapat pesan yang ingin disampaikan Kiandra. caranya adalah dengan mengambil kata ketiga dari tiap kalimat (sesuai dengan petunjuk kartu remi tiga hati yang diberi tanda titik dari spidol hitam). pesannya berubah seperti ini:
    "Jangan bertindak bodoh, Kania. Kania sudah tahu hubungan gelap Doni dengan Fani. Kania hancur dan akan nekat. Aku menemukan obat tidur dalam tas Kania. Dia akan membunuh Fani."
    jadi kesimpulannya pembunuhnya adalah Kania. kenapa? karena Kiandra tahu Kania akan membunuh Fani. karena tidak mau ketahuan akan rencananya itu, dia pun membunuh Kiandra.

    Nama: Eni Lestari
    Email: shinra2588@yahoo.com
    Twitter: @dust_pain

    BalasHapus
  15. Nama : Maria Azmi Piscessanella
    Email : nella _azmi@yahoo.com
    Twitter : @piescessanella_
    Link share twitter : https://twitter.com/piescessanella_/status/595452856989159424

    Jawaban : Kalau menurutku yang meninggal sebenarnya itu Kania bukan Kiandra. Hanya saja mereka sulit membedakan keduanya karena mereka berduka kembar identik. Dan yang membunuh Kania adalah saudara perempuannya sendiri Kiandra yang sebenarnya sudah lelah menunggu datangnya kekasih yang tak kunjung datang. Sebenarnya Kiandra hanya ingin keluar dari masalahnya sendiri, masalah dengan obat2an. Dia sudah berusaha bersosialisasi dan belajar bisnis namun itu tidak membuat masalahnya selesai. Hal yang membuat masalahnya selesai adalah memiliki kekasih seperti kutipan surat yang ditemukan. Alhasil karena Kiandra bosan menunggu waktu datangnya kekasih, dia memutuskan untuk membunuh saudaranya Kania untuk mendapatkan Doni sebagai kekasihnya dan keluar dari masalah kecanduan obat2annya.

    BalasHapus
  16. Ikutan giveaway nya ya mbak ^_^
    Nama: Ananda Nur Fitriani
    Email: Anandanftrn@gmail.com
    Twitter: @anandanf07

    Clue terpenting dalam kasus ini adalah kartu remi 3 hati dan surat tulisan Kiandra. Kartu remi 3 hati menunjukan bahwa kasus ini berhubungan dengan cinta segitiga. Ditambah dengan keterangan bahwa setelah kiri membaca surat itu tiga kali dan dia langsung yakin bahwa kiandra dibunuh membuat saya yakin petunjuknya adalah 'tiga'. Saya mengambil kata ketiga dari setiap kalimat, dan terbentuklah kalimat tersembunyi dalam surat Kiandra:

    "Jangan bertindak bodoh Kania. Kania sudah tahu hubungan gelap Doni dengan Fani. Kania hancur dan akan nekat. Aku menemukan obat tidur dalam tas Kania. Dia akan membunuh Fani."

    Saya menyimpulkan pelakunya adalah Kania. Dari keterangan diatas, Kiandra mencoba membuat Kania membatalkan niatnya untuk membunuh Fani, namun Kania (yang sudah terlalu emosi atas perselingkuhan Doni dengan Fani) malah jadi membunuh Kiandra.

    Analisis saya seperti itu. Namun sebenarnya ada yang sedikit mengganggu pemikiran saya. Kiandra menulis surat itu seolah-olah dia tahu bahwa akan ada Detektif yang menyelidiki kasusnya. Sedangkan yang tahu ada Detektif hanyalah Fani. Dan saat Fani memberitahu Kiri ada sesuatu yang terjadi (padahal teman-temannya melarang dia memberitahu orang lain) juga terasa janggal bagi saya. Seolah-olah Fani sengaja membuat Kiri tahu pembunuhan ini. Mungkinkah sebenarnya Kiandra sudah memberi tahu Fani mengenai niat Kania untuk membunuhnya? Dan setelah Kiandra meninggal, dia merasa bersalah sehingga dia memberitahu Kiri supaya kasus pembunuhan Kiandra terungkap? Hal itu hanya pemikiran saya saja, maaf jika berlebihan ^^ Thanks For GA nya ya mbak :) Wish me luck xD

    BalasHapus
  17. Ini kisah cinta segitiga = kartu remi 3 hati..

    Kania yang membunuh kiandra.
    "Cinta mereka nekat tapi indah:, "Seperti sebuah tas yang menyembunyikan mainan indah. Dulu sekali Kania sering menceritakan perumpamaan tas itu"

    Ada rahasia kania yang disembunyikannya (kiandra yang tau rahasia apa itu). Bisa dilihat dari kalimat ini :"Waktu yang dalam masih menyimpannya rapat".. karena takut rahasia itu bocor, kiandra dibunuh !

    Maybe YES !
    FB : Hamsah al pasai

    BalasHapus
  18. Well, karena saya sudah menang di blog tour kemarin (masih ngarep sama tumblrnya *maruk*), saya cuma mau numpang komen aja deh. Obat tidur di meja rias itu cuma alibi ya, Mbak Ruwi? Soalnya Kiandra kan mantan pecandu, mungkin dia ditenggelemin. #soktau #cmiiw Dan ekspresi Kania yang tenang, Fani aja nangis. Pelakunya siapa? Ya Mbak Ruwi lah, melalui tokoh Kania atau siapapun itu. #lol

    BalasHapus
  19. Emm.. menurutku pelakunya adalah Doni.

    dari kartu tiga hati dengan tanda titik (ini ambigu juga sih sebenarnya, titiknya di sebelah mana).
    Tapi dari lima nama tokoh, hanya ada satu yang tak punya kembaran.

    Kania, Kiandra
    Farhan, Fani

    jadi .. saya tebak Donilah pembunuhnya.

    Nama : Alvina
    email : orybun@yahoo.com
    twitter :alvina13

    BalasHapus
  20. Pertama, saya akan mencoba menerjemahkan "arti kartu remi 3 hati yang diberi tanda titik dari spidol hitam". Saya menduga Kiandra sebenarnya ingin menunjukkan kartu remi 3 sekop, BUKAN hati. Itu mengapa dia memberi tanda titik pada kartu remi 3 hati tersebut. Kartu remi sekop dan hati, memiliki kemiripan bentuk jika dilihat dengan posisi yang tepat. Seperti yang telah diketahui, kartu Remi sering digunakan untuk meramal dan setiap kartu memiliki arti yang berbeda.

    3 SEKOP berarti : "Perpisahan, mungkin karena ketidaksetiaan. Berhati-hatilah dalam kemitraan." (sampe dibela-belain googling untuk cari tahu makna dari kartu-kartu remi, hahaha)

    Petunjuk kedua adalah surat yang ditemukan. Dalam surat tersebut, Kiandra bercerita dia mendapat banyak dukungan dari teman-temannya, Fani, Doni, Farhan dan juga Kania. Dia berusaha berubah. Salah satu caranya adalah dengan berbisnis dengan Farhan atas bantuan Fani. Di surat itu juga disebutkan bahwa Fani adalah orang terlihat paling mendukung Kiandra, selain Kania. Fani adalah orang yang 'sepertinya' paling tidak mungkin melakukan pembunuhan. Namun, Fani adalah orang yang dapat 'mempengaruhi' Kiandra; Suatu pikiran dengan perasaan tak mudah diatur. Setiap waktu Fani mengajariku bagaimana menyeimbangkannya. Dan lagi, Fani jugalah yang senantiasa menyuruh Kiandra untuk bersabar menanti kekasih hatinya, yang menurut analisis saya, bisa saja Kiandra menyukai Farhan. Sementara Fani juga menyukai Farhan. Ah iya, hanya Fani yang terlihat emosional akan kejadian yang menimpa Kiandra sampai menangis segala. Motif yang mendasari, mungkin saja cinta segitiga; Kiandra-Farhan-Fani atau motif ekonomi yang berkenaan dengan bisnis mereka.

    Jadi saya mengambil kesimpulan, bahwa FANI ADALAH PELAKU DALAM KASUS KALI INI.

    PS : Gimana Mbak analisis saya, sudah setara dengan Holmes atau Poirot enggak? Atau kalau gak kayak Shinichi atau Heiji Hattori pun bolehlah, hehe. Kalau ternyata belum juga, bolehkan saya mendaftar untuk menimba ilmu dari Kiri Lamari ? :)

    Nama : Indriani
    Email : my_ownmail@yahoo.com
    ID Twitter : @ryanie31

    BalasHapus
  21. Pelakunya Fani.
    Entah kenapa aku berpikiran itu Fani. Di suratbitu Fani selalu memberi nasihat kepada Kiandra untuk sabar dan sebagainya.
    Fani tau Kiandra suka pada Doni dan merasa cemburu dengan kisah cobta Kania dan Doni.
    Kiandra terus menerus mengeluh tentang perasaan sakitnya ke Fani dan membuat Fani pusing sendiri dan akhirnya membunuh si Kiandra. Dia membunuh sebenarnya juga untuk kebaikan Kiandra agar tak sakit hati lagi.
    Kartu remi nya itu memang milik Kiandra sebagai ungkapan hatinya tentang conta segitiganya.

    Nama : Ariena Diwa Andarisa
    Email : arienarisa9@gmail.com
    Twitter : @arienarisa

    BalasHapus
  22. Dugaan saya yang membunuh kiandra adalah kania.
    Clue pertama dari penemuan buku. Diatas bantal ditemukan buku motivasi = Kania -> Tetapi kakakku kania telah berusaha kerasa memotivasi diriku. Kemudian buku marketing = Doni -> karena doni seorang pengusaha, saya rasa ini berhubungan. Dan terakhir buku mengenai bisnis online = Fani -> Fani juga berusaha keras membantuku dangan mengajak berbisnis bersama Farhan.
    Clue kedua yaitu kartu remi 3 hati yg diberi titik hitam. Dugaan saya ini berarti hubungan gelap antara 3 orang.
    Dari kedua clue tsb. berarti Doni dan Fani berhubungan dibelakang Kania.
    Kartu remi tiga hati juga bermakna Anda harus hati-hati. Jangan mengatakan sesuatu yg anda akan menyesal.
    Mungkin kania akan membunuh fani dengan obat tidur yg berada di meja rias. Tapi kiandra mengetahui niat kakaknya itu dan ingin menasihati kakaknya . alhasil kania membunuh kiandra dgn obat tidur untuk menutupi rahasianya.
    Mudah2an bener, ini ngasal abiss 😂😂

    *sebelumnya udah comment tapi agak ragu udah kekirim apa enggak*
    Nama: MayaMai
    Twitter: @MayaMai_29
    Email: mayakurniawati7@gmail.com

    BalasHapus
  23. Kalau dilihat dari suratnya, pelakunya adalah KANIA. Bukankah itu cinta segitiga? (Gambar hati berwarna hitam?") Apalagi malam itu adalah malam pertunangan Kania dan Doni yang digelar megah. Cinta Kania dan Doni cinta yang nekat, bukan?

    Nama : Wahyu Triyani
    Email : witinduz2@gmail.com
    Twitter : @witri_nduz

    BalasHapus
  24. Pelakunya pembunuh. XD *coret*

    Setelah membaca cuplikan di atas, saya bisa menarik kesimpulan bahwa pembunuhnya adalah tukang ledeng(coret lagi). Pembunuhnya adalah Fani, karena yang menyuruh Kiandra sabar itu Fani mungkin Fani kesal thd Kiandra makanya dia bunuh Kiandra, selebihnya cuma insting sih. Btw, cuplikannya keren mbak :D

    Nama : Arfina Tiara
    Email : arfina.tiara123@gmail.com
    twitter : @ipinkaramel

    BalasHapus
  25. Pembunuh Kiandra adalah Fani.

    Mengenai titik hitam yang ditemukan di kartu remi 3 hati, merupakan simbol dari kisah cinta Kiandra, Doni dan Kania yang dipegang oleh Fani. Fani tau persis bagaimana kisah mereka. Kiandra mencintai Doni. Tapi di sisi lain, ada Kania yang terlebih dahulu menjalin hubungan dengan Doni secara diam-diam, demi menjaga hati kembarannya (Setiap waktu dia bergumam soal kekasih yang masih disembunyikan waktu). Kania meminjamkan kekasihnya demi kesembuhan Kiandra (Cinta mereka nekat tapi indah).

    Kebaikan hati Kania berbeda dengan apa yang Kiandra rasakan. Dendam menyelimutinya. Ia bermaksud menggantikan posisi Kania di acara pertunangan antar Kania dan Doni (Pertunangan indah Kania dan Doni sudah kutunggu. Jiwaku yang hancur akan kembali membaik).

    Lalu kenapa Fani malah membunuh Kiandra? Bukannya Kiandra yang membunuh Kania dengan motif iri dan dendam?

    Fani begitu peduli dan kasihan dengan nasib Kiandra. Melihat keadaannya yang pernah menjadi pemakai 'obat', sulit untuknya mendapatkan Doni. Maka kematian adalah satu-satunya jalan. Kematian Kiandra, akan menuntaskan kesedihannya. Kania akan sangat terpukul, merasa bersalah, dan pesta pertunangan akan gagal. Sebab hal yang paling menyakitkan dalam hidup ini, adalah kehilangan orang yang dikasihi.

    Nama: Leli Erwinda
    Twitter: @lely_winda
    Email: leli_erwinda@yahoo.com

    BalasHapus
  26. Pelakunya adalah KANIA.

    Why? Karena saat Kiri menemukan kartu remi di keranjang sampah, disana ada gambar 3 hati. Tiga itu itu melambangkan sebuah cinta segitiga. Dan mereka yang terlibat di cinta segitiga itu adalah Kiandra, Doni, dan Kania. Doni dan Kania adalah calon suami istri, nah saat Kania mengetahui bhw Kiandra juga cinta kpd Doni, dia tdk terima. Dia pun membunuh Kiandra, saudaranya.

    Nama: Bintang Permata Alam
    Twitter: @bintang_ach
    email: bintangpermata45@gmail.com

    BalasHapus
  27. Instingku bilang kalau pelakunya ialah Ireng. Entah kenapa, waktu Ireng tadi pipis, terus pipisnya agak lama, kayaknya di situ dia beraksi!

    Nama : Nikmal Abdul
    Twitter : @NikmalAbdul
    Email : emailnikmal@gmail.com

    BalasHapus
  28. menurutku yang membunuh Kiandra adalah Kania, saudara kembarnya sendiri. emang ironis sih. saudara kembar malah dibunuh.

    kenapa saya menuduh Kania? karena Kania adalah orang yang paling dekat dengan Kiandra sebelum Fani (nama Fani sering diulang-ulang dalam surat wasiat itu). lalu ada kartu remi 3 hati dan diberi titik hitam spidol (aku masih belum paham kenapa harus diberi titik hitam?) yang menggambarkan hubungan cinta segitga antara Kania, Kiandra, dan Doni.

    jadi begini, Kiandra dan Fani teman dekat. aku curiga bahwa Fani juga mengetahui cinta segitiga yang dialami oleh Kiandra, Kania, dan Doni. Fani mencoba menenangkan 'jiwa yang hancur' Kiandra dengan mengatakan ada orang yang akan menjadi cinta sejati Kiandra, terlebih Kania dan Doni yang akan segera menikah. hal itu tentu membuat Kiandra menjadi tidak keruan. ia lalu menuliskan surat wasiat beserta kartu remi 3 hati. tapi sayangnya, kertas itu diketahui dan dibaca oleh Kania. membaca kertas itu, membuat Kania geram dan meremas kertas itu lalu membuatnya ke keranjang sampah. Kania (yang mungkin langsung punya ikatan batin dengan Kiandra) langsung mengetahui bahwa Kiandra juga mencintai Doni. tak ingin kekasihnya direbut, Kania pun membunuh Kiandra, saudara kembarnya sendiri, dengan menyuruhnya meminum obat tidur hingga habis, lalu menenggelamkannya di bath tub. sepertinya (mungkin) Doni juga memiliki perasaan dengan Kiandra, sehingga Kania kalap dan membunuh saudaranya itu., supaya ia tidak punya saingan lagi.

    di surat itu juga sudah menujukkan pentunjuk, seperti "Cinta mereka nekat tapi indah." disini kelihatan bahwa Doni mencintai Kiandra, tapi nekat menikahi Kania. lalu, "Calon kekasihku tidur di tempat yang jauh" artinya Doni yang menikahi Kania, pasti akan menjauhkannya dari Kiandra. dan "Aku bersyukur Doni dan Kania selalu mendukungku" yang ditulis duluan adalah Doni, padahal seharusnya kan saudara kembarnya sendiri karena mereka bersaudara. itu membuktikan bahwa peran Doni disini lebih besar ketimbang Kania, dan menimbulkan benih cinta diantara mereka.

    itu adalah pendapat saya, semoga benar yah mbak ruwi meita :D

    Nama : Annisa Novianti
    Twitter : @nisadnovi38
    Email : nisadnovi38@gmail.com

    ps: tolong dong jawabannya di moderasi, soalnya masih kelihatan jawaban peserta lain. ^^

    BalasHapus
  29. @enythxz

    pelakunya doni

    Jika saja aku juga menemukan cinta seperti mereka. Aku pasti menemukan laki-laki itu,

    laki - laki itu yaitu dani

    BalasHapus
  30. Petunjuknya ada pada kartu remi 3 hati dengan titik hitam dan sebuah surat.

    Aku menebak pelakunya Kania. Dalam surat di sebutkan "Pertunangan indah Kania dan Doni sudah kutunggu. Jiwaku yang hancur akan kembali membaik. Rasa haru dan bahagia menggelayutiku. Kuharap mereka akan bahagia. Cinta mereka nekat tapi indah". Pada kalimat cinta mereka nekat tapi indah saya merasa Kania merebut Doni dari Kiandra. Hubungan cinta segitiga yang berujung kematian antara dua saudara kembar dan seorang laki-laki.

    Nama: Wulida
    Twitter: @Jm_nim
    email: wulida.nadhila@yahoo.com

    BalasHapus
  31. Alibi Fani disini bisa dibilang sempurna. Namun aku malah berfikir dengan kesempurnaan itu malah bisa membuat dia menjadi tersangka utama. Dimana Kartu remi 3 hati dengan titik hitam menegaskan kembali bahwa cinta segitiga ini membuat lubang kecil di hati Fani yang tak diketahui siapapun. Kecurigaanku berawal saat jawaban dia atas pertanyaan Kenes " Ah dia sedang berjuang keras keluar dari narkoba. Kupikir sekarang dia jauh lebih baik" memang biasa aja sih tapi kalo disandingkan dengan kata-kata ini "Aku telah bertindak keras memperbaiki diriku", bukan suatu kebetulan jika kata-kata itu sama jika sebelumnya Fani telah membaca surat itu. Sebenarnya ada perang dalam diri Kiandra saat mengetahui kalau temannya juga menyukai lelaki yang sama "Berusaha berkata jangan adalah sesuatu yang berat". Fani sendiri telah lama memendam rasa itu, namun tiba2 Kiandra seperti datang merebut kekasih hatinya. Bertolak dari beberapa kalimat ini "Setiap waktu Fani mengajariku bagaimana menyeimbangkannya" dan "Namun acapkali Fani menyuruhku bersabar" tersirat bahwa sebenarnya Fani menginginkan bahwa Kiandra tak harus menunjukkan cintanya pada laki2 itu. Kania tau akan cinta adiknya pada lelaki itu"Hanya kakakku Kania yang tahu apa yang kuperlu" sehingga ia mendukung kiandra terlebih Fani mengajaknya bisnis bersama laki2 itu, iya laki2 itu Farhan jalan terbuka lebar bagi Kiandra,tapi dia masih tidak PD dg kenyataan bahwa dia tak mungkin mencintai seseorang spt Farhan terlebih dia adalah seorang pecandu "Meski terkadang gelap masih menghantuiku".Pernyataan Kiandra mengenai kerjasama itu membuat Fani semakin berang akan kesalahan dia sendiri yg membuka jalan cinta untuk Kiandra.Selain itu, kalimat ini juga menjadi alasan utama Fani membunuh Kiandra "Pertunangan indah Kania dan Doni sudah kutunggu. Jiwaku yang hancur akan kembali membaik. Rasa haru dan bahagia menggelayutiku. Kuharap mereka akan bahagia. Cinta mereka nekat tapi indah. Jika saja aku juga menemukan cinta seperti mereka" dia berasumsi bahwa Kiandra akan jujur akan perasaannya pada lelaki itu tepat pada pesta pertunangan Kania, dimana lelaki itu pasti akan datang. Dengan segala hal yang ada dia menghabisi nyawa Kiandra dengan obat tidur. Namun sayang sebenarnya ada kalimat yang disesali Fani "Calon kekasihku tidur di tempat yang jauh. Waktu yang dalam masih menyimpannya rapat. Seperti sebuah tas yang menyembunyikan mainan indah" dia terburu-buru menghabisi nyawa kiandra yang sebetulnya dia baru paham bahwa Kiandra tak akan menunjukkan perasaannya pada laki2 itu krn ia tau Fani juga menyukainya dan itulah penyebab ia dia mengajak kenes dkk untuk menyelidiki hal ini sebagai ganti rugi atas penyesalannya. Kiandra sendiri sebenarnya tak ingin cinta ini terjadi "Ingin rasanya membunuh waktu agar berhenti mempermainkanku" tapi semua terlambat. Pada konteks percakapan Kenes dan Fani juga menjajalkan pertanyaan Farhan & Kiandra datang kan? dan Fani menjawab mana mungkin mereka tak datang pada acara indah ini. Seolah mengisyartkan bahwa acara ini tak semata tunangan Kania-Doni namun juga acara mereka sendiri. Seperti mereka yang menjadi lakon dalam acara itu.

    BalasHapus
  32. Jiah @jiahjava jiahaljafara32@gmail.com

    errr pembunuhnya adalaaaaaaah Fani!!!

    Alasan versi saya: Karena nama Fani sering banget disebut. Biasanya di surat wasiat yang dibaik2 kin artinya dia jahat :D

    berhubung alasan versi Kiri Lamari, maka tetep Fani yang pembunuh hihih. Tapi yang dibunuh itu Kania bukan Kiandra.

    Kania tunangan sama Doni. Tapi Kiandra suka Doni begitu jg Fani. Nah si Fani punya rencana agar Kiandra bertukar peran dg Kania. Fani membujuk Kiandra dg alasan si Kania ini suka ngatur. Hidup kania lbh sempurna drpd Kiandra. Kalau Kiandra jd Kania, lumayan bisa dapat si Doni. Kadang-kadang obat dari jiwa hancur adalah cinta sejati.

    Surat wasiat sbnrnya ditunjukkan untuk Kiandra yg skrg jadi Kania. Intinya agar hati2 dg Fani. Bisa saja Fani akan membunuh Kiandra juga.

    Jd inget Drakor Master's Sun gara2 alasanku yg sama hahaha

    BalasHapus
  33. Dias Shinta Devi
    diasshinta.iyas@gmail.com
    @DiasShinta

    Jawaban:

    [1/2] setelah dibaca berulang kali, menurutku yg menjadi pembunuhnya adalah Kania, saudara kembarnya Kiandra sendiri.

    berdasarkan petunjuk yg Mbak Mei berikan, kartu remi berbentuk 3 hati dengan titik (jika satu titik di tengah) membentuk pola segitiga yg bisa diartikan sebagai cinta segitiga. bisa juga jika titik dengan spidol hitam itu berjumlah dua (di samping kanan atas gambar hati paling atas dan di samping kanan bawah gambar hati paling bawah) bisa membentuk pola huruf K yg berarti Kania.

    saudara kembar sekali pun tak bisa menghindari terjadinya pertengkaran tentang cinta, kekasih, pasangan hidup. dan ini menurutku yg terjadi pada Kania dan Kiandra.

    jika diasumsikan dari surat (dilihat dari sudut pandang Kiandra sebagai penulis surat):
    "Berusaha berkata jangan adalah sesuatu yang berat. Aku telah bertindak keras memperbaiki diriku. Dulu aku bodoh karena menjejalkan obat-obat setan itu ke dalam tubuhku."
    *jangan? bisa ditafsirkan juga sebagai, "seharusnya Kiandra jangan jatuh cinta pada kekasih saudara kembarnya sendiri (seperti kata Fani). Kiandra berusaha keras untuk memperbaiki diri (Kiandra ingin kembali menjadi wanita normal --sehat-- seperti Kania).

    "Tetapi kakakku Kania telah berusaha kerasa memotivasi diriku. Hanya kakakku Kania yang tahu apa yang kuperlu."
    *Kania memang berusaha keras memotivasi Kiandra untuk lepas dari jeratan obat-obatan terlarang itu memang selayaknya seorang kakak, sebelum Kania tau isi hati Kiandra kepada Doni. Hanya Kania yg tau apa yang Kiandra butuhkan, apa yang Kiandra mau, yg tak lain dan tak bukan adalah seorang pujaan hati,

    "Fani juga sudah berusaha keras membantuku dengan mengajakku berbisnis bersama Farhan. Aku ingin tahu apakah aku berhasil kali ini. Memang menjalin hubungan bisnis dengan teman-temanku sendiri mungkin akan membantuku. Meski terkadang gelap masih menghantuiku. Aku bersyukur Doni dan Kania selalu mendukungku."
    *Fani yang sebenarnya tau isi hati Kiandra kepada Doni membantu Kiandra untuk bangkit dari keterpurukannya selama ini dengan membantu mengajaknya berbisnis dengan Farhan dan menyuruhnya membuka hati untuk Farhan (melihat orang lain selain Doni yang sebenarnya peduli dengan Kiandra agar tidak terpaku pada Doni). Kiandra ingin tau apakah dia berhasil menjadi manusia normal kembali sebelum terjerat narkotika dan dapat membuka hati untuk orang lain selain Doni. Namun terselip ragu di hati kecilnya. Kiandra bersyukur karena Doni dan Kania mendukung usaha perubahannya.

    BalasHapus
  34. Dias Shinta Devi
    diasshinta.iyas@gmail.com
    @DiasShinta

    Jawaban lanjutan :
    [2/2] "Suatu pikiran dengan perasaan tak mudah diatur. Setiap waktu Fani mengajariku bagaimana menyeimbangkannya. Pertunangan indah Kania dan Doni sudah kutunggu. Jiwaku yang hancur akan kembali membaik. Rasa haru dan bahagia menggelayutiku. Kuharap mereka akan bahagia. Cinta mereka nekat tapi indah. Jika saja aku juga menemukan cinta seperti mereka. Aku pasti menemukan laki-laki itu, Fani yakin akan hal itu."
    *Suatu pikiran tentang perasaan yang tak mudah diatur terus menghantui Kiandra tiap waktu. Tetapi, Fani mengajarkan bagaimana cara menyeimbangkannya agar logika tak terus dikuasai perasaan. Kiandra telah menunggu-nunggu waktu pertunangan Doni dan Kania karena Kiandra sendiri ternyata telah memiliki rencana di hari yang menurutnya indah itu. Dengan harapan, jiwa Kiandra yang hancur akan membaik jika rencananya untuk membunuh Kania dapat berjalan sempurna. Walaupun Kiandra sendiri berharap pertunangan itu dapat berjalan dengan baik, karena jika Kania telah terbunuh, ia berpikir dapat langsung menggantikan posisi Kania di acara pertunangan itu dan selanjutnya mengisi hati Doni. Kiandra tau, Kania adalah tipikal orang yang nekat dan akan mempertahankan apa yang seharusnya menjadi miliknya. Sehingga pertengkaran di antara kedua saudara kembar itu tak terelakkan ketika Kania mengetahui Kiandra sebenarnya memiliki affair dengan Doni. Meskipun di satu sisi yang selalu dilihat semua orang, Kania dan Doni adalah pasangan yang sempurna. Fani meyakinkan Kiandra jika Kiandra akan mendapatkan pasangan lain yang juga sempurna seperti Doni dan akan menjalin hubungan yang sempurna seperti saudara kembarnya.

    "Kadang-kadang obat dari jiwa hancur adalah cinta sejati. Calon kekasihku tidur di tempat yang jauh. Waktu yang dalam masih menyimpannya rapat. Seperti sebuah tas yang menyembunyikan mainan indah. Dulu sekali Kania sering menceritakan perumpamaan tas itu. Setiap waktu dia bergumam soal kekasih yang masih disembunyikan waktu. Aku mungkin akan bertemu dengan calon kekasihku, tapi kapan. Ingin rasanya membunuh waktu agar berhenti mempermainkanu. Namun acapkali Fani menyuruhku bersabar."
    *Menurut Kiandra, obat dari jiwa yang hancur adalah cinta sejati. Ia sebenarnya tau calon kekasihnya ada, tapi akan hidup bersama orang lain. Fani sering menyuruh Kiandra bersabar. Namun rasanya Kiandra ingin menghentikan waktu yang terasa mempermainkannya, karena pujaan hatinya, Doni, sebentar lagi malah akan mengikat komitmen cinta dengan saudara kembarnya sendiri.

    heheh maaf ya Mbak kalau analisisnya meleset dan berantakan sekali. intinya adalah Kania dan Kiandra bertengkar tapi Kania lah yang pada akhirnya berhasil menghabisi nyawa saudara kembarnya itu sendiri karena ingin mempertahankan Doni sebagai kekasihnya.

    terima kasih atas kesempatannya :)

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Pembunuhnya KANIA.

    Kartu remi tiga hati menandakan kisah cinta segitiga antara DONI, KANIA dan FANI.
    Tanda titik di kartu menandakan ada benang merah yang tersirat dalam surat karena kartu itu ditemukan dalam remasan kertas surat tersebut.

    Angka tiga pada kartu remi juga menjadi petunjuk bahwa benang merah itu berkaitan dengan 'tiga'. Jika setiap kalimat dibaca baik-baik, maka dapat disimpulkan bahwa kata ketiga dari tiap kalimat sebetulnya membentuk sebuah pesan jika dihubungkan. Dan hasilnya adalah:

    "jangan bertindak bodoh Kania Kania sudah tahu hubungan gelap Doni dengan Fani Kania hancur dan akan nekat aku menemukan obat tidur dalam tas Kania dia akan membunuh Fani"

    Jika diberikan jeda agar semua kata diatas merangkai kalimat yang dapat dimengerti, maka:

    "(jangan bertindak bodoh Kania) (Kania sudah tahu hubungan gelap Doni dengan Fani) (Kania hancur dan akan nekat) (aku menemukan obat tidur dalam tas Kania) (dia akan membunuh Fani)"

    Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa KIANDRA yang menemukan fakta ini mencoba untuk menasihati KANIA agar tidak bertindak bodoh dengan membunuh FANI. KIANDRA ingin menyampaikan ini pada KANIA. Tapi KANIA yang tahu kalau KIANDRA akan menghentikan rencananya, akhirnya terlibat cekcok dgn KIANDRA. Dan akhirnya KIANDRA terbunuh dgn OD obat tidur yg berasal dari botol yg sudah ksong.

    Dugaan ini jg diperkuat oleh reaksi KANIA yang biasa-biasa saja. Padahal harusnya dialah yang sangat sedih mengingat dialah saudaranya. Tapi yang menangis histeris justru FANI.

    Nama: Arpah
    FB: Yeppun Arpah
    Twitter: @arpah07
    Email: Arpah_Effendie@yahoo.com

    Thanks :)

    BalasHapus
  37. Setelah saya baca surat kematian Kiandra, saya merasa semua-nya bisa jadi tersangka. Tapi setelah saya mencocokkan ini-itu, kandidat kuat sebagai pelaku kematian Kiandra adalah Fani. Saya akan menjelaskan satu-per-satu :
    1. Pertama, surat tersebut berbunyi “Berusaha berkata jangan adalah sesuatu yang berat”, disini menurut saya, Kaindra ingin mengatakan pada kakak kembarnya kalau dia tidak boleh bertunangan dengan Doni karena Kiandra sendiri juga menyukai Doni namun dia tidak bisa mengatakan jangan karena Kiandra merasa bersalah jika mengatakannya.
    2. Kedua, “Aku telah bertindak keras memperbaiki diriku. Dulu aku bodoh karena menjejalkan obat-obat setan itu ke dalam tubuhku, Tetapi kakakku Kania telah berusaha keras memotivasi diriku. Hanya kakakku Kania yang tahu apa yang kuperlu.”, ini maksudnya adalah dulu Kiandra terjebak dalam pergaulan bebas karena merasa terpuruk akibat Doni lebih memilih Kania dan dia melarikan dirinya ke obat-obat terlarang, dari sini saya merasa Kania adalah sosok kakak yang baik dan pengertian jadi dia terus memotivasi adiknya untuk berubah dan Kania sendiri tidak tahu kalau Kiandra juga mencintai Doni.
    3. Ketiga, “Suatu pikiran dengan perasaan tak mudah diatur. Setiap waktu Fani mengajariku bagaimana menyeimbangkannya.”, Kiandra yang tahu hubungan Doni dan Kania merasa terpuruk. Meskipun pikirannya mengatakan ia setuju dengan hubungan Doni dan Kania tapi perasaannya tidak karena dia juga mencintai Doni dan Fani tahu akan fakta itu serta berusaha membuat Kiandra merelakannya.
    4. Keempat, “Pertunangan indah Kania dan Doni sudah kutunggu. Jiwaku yang hancur akan kembali membaik. Rasa haru dan bahagia menggelayutiku.” Disini Kiandra sudah merencanakan untuk menggagalkan pertunangan Doni dan Kania.
    5. Dan yang terakhir, “Ingin rasanya membunuh waktu agar berhenti mempermainkanku. Namun acapkali Fani menyuruhku bersabar.” Disini Kiandra sudah berulang kali ingin mengungkapkan perasaannya, tapi Fani mencegahnya.

    Dari beberapa ulasan itu, bukankah yang tahu perasaan Kiandra terhadap Doni hanyalah Fani. Mungkin, keluh-kesah Kiandra serta rencana Kiandra untuk menggagalkan pertunangan Kania, membuat Fani membunuhnya, karena Fani tidak ingin membuat Kania bersedih setelah apa yang dialami Kiandra. Karena biasanya seorang kakak selalu mengalah demi kebahagiaan adiknya. Karena Fani sendiri tidak ingin kebahagiaan Kania dikorbankan demi adiknya.

    Nama : Rina Eko Wati
    Twitter : @HikariMio

    BalasHapus
  38. Nama : Sofhy Haisyah
    Email : sofhyhaisyah28@gmail.com
    Twitter : @Sofhy_Haisyah
    Link : https://twitter.com/Sofhy_Haisyah/status/597090777424998400

    Acapkali kalo baca novel yang berbau misteri dan detektif2an begini aku pasti nebak-nebak juga pelakunya siapa. Dan saat membaca bagian pengungkapan pelakunya, pasti gak sesuai dengan tebakanku.

    Tapi aku coba yaa~~

    Pembunuhnya Fani !

    Karena selain Kania, Fani lumayan banyak disebut di dalam surat. Bingung juga sih, walaupun clue-nya udah nyuruh fokus di surat dan kartu remi. Teteap gak nemu jawabannya ^_^))"> But, menurutku pembunuhnya Fani.

    Kiandra melalui surat itu, ingin memberi tahu saudaranya (Kania) agar mengingat perumpaan dalam tas yang selalu dia bicarakan pada Kiandra.

    Lalu, kaitan dengan kartu remi 3 hati. Aku mikirnya simpel sih, hati itu kan melambangkan "cinta", dan dalam surat ini Kiandra ada 3 kata "cinta". Dan berikut bagian suratnya :

    "Cinta mereka nekat tapi indah. Jika saja aku juga menemukan cinta seperti mereka. Aku pasti menemukan laki-laki itu, Fani yakin akan hal itu. Kadang-kadang obat dari jiwa hancur adalah cinta sejati."

    Nah, kalimat pertama, kedua, dan keempat ada kata "cinta". Lalu, kalimat ketiganya, tertulis jelas satu nama, FANI. Well, menurutku inilah yang ingin Kiandra tunjukkan.

    BalasHapus
  39. Menurut saya pembunuhnya adalah Kania. Dari surat dan kartu remi yang ditemukan Remi. Sepertinya motifnya adalah cinta segitiga. Kania sebenarnya berniat membunuh Fani, tapi ternyata Kiandra tahu rencana Kakaknya dan berusaha menggagalkan. Dan pada akhirnya Kania terpaksa membunuh Kiandra. Surat yang ditulis Kiandra, jika hanya diambil kata ketiga dari tiap kalimat (sesuai dengan petunjuk kartu remi) akan berbunyi:

    jangan bertindak bodoh Kania
    Kania sudah tahu hubungan gelap Doni dengan Fani
    Kania hancur dan akan nekat
    aku menemukan obat tidur dalam tas Kania
    dia akan membunuh Fani

    tapi sebenarnya saya memikirkan satu kemungkinan lain. Sebenernya sih lebih tepatnya ini imajinasi saya aja, hehehe.
    Jadi kemungkinan kedua pembunuhnya adalah Fani, dengan bantuan Kiandra. Dan yang dibunuh adalah Kania (Karena mereka kembar identik jadi pasti agak susah untuk membedakan). Jadi sebenarnya Kania, Kiandra dan Fani sama-sama menyukai Doni. Tapi tidak ada yang mengetahui hubungan gelap Fani dan Doni. Fani membujuk Kiandra agar mau membantunya dengan mengatakan bahwa jika Kania mati, maka Kiandra bisa menggantikannya dan mendapatkan Doni. Surat yang ditemukan di tempat sampah itu adalah surat yang dipersiapkan oleh Fani, dengan tujuan jika surat itu ditemukan maka Kiandra yang sekarang menggantika Kania-lah yang menjadi tersangka pembunuhannya. Dengan begitu, Fani bisa menyingkirkan dua saingannya sekaligus

    hehehe, duh, jahat amat ya imajinasi saya

    twitter: @tikikabum
    email: tikikabum@gmail.com
    link share: https://twitter.com/tikikabum/status/597209889929236480
    fb: etika setya perwari

    BalasHapus
  40. Pelaku sebenarnya adalah Kania

    Berikut cuplikan kata ketiga pada setiap kalimat di surat yang ditulis Kiandra

    Jangan bertindak bodoh Kania
    Kania sudah tahu hubungan gelap Doni dengan Fani.
    Kania hancur dan akan nekat.
    Aku menemukan obat tidur dalam tas Kania.
    Kania akan membunuh Fani.

    Ini kasus cinta segitiga, buktinya adalah lewat kartu remi yang menunjukkan tiga hati. Dimana Kania menyukai Doni, sedangkan Doni menyukai Fani. Kania nekat ketika tahu Kiandra mengetahui rencana rahasianya, Ia langsung menjejalkan obat tidur ke mulut Kiandra. Ia membuat kasus ini seolah-olah suicide, sehingga dikiranya Kiandra mati karena makan obat tidur. Tapi sayangnya, Ia ketahuan.

    Nama: Alika Cynthia
    Twitter: @alikacynthia
    Facebook: Alika Cynthia Clarissa
    Email: alikacynthia@gmail.com

    BalasHapus
  41. menurut ku pelakunya Farhan karena dia menjalin kerjasama untuk berbisnis dengan Kiandra jadi Farhan membunuh Kiandra agar Farhan mendapat keuntungan yang lebih. Pelaku pembunuhan mungkin bisa berasal dari tokoh yang tidak terlalu jelas diceritakan dalam sebuah novel.

    Nama : Tasya Permata Sanjaya
    Email : ptasya23@gmail.com
    Twitter : @tasyatasa_

    BalasHapus
  42. Bukti:
    1. Kartu remi 3 hati dengan titik hitam dari spidol
    2. Surat di tempat sampah

    Penyelesaian: Berusaha berkata (jangan) adalah sesuatu yang berat. Aku telah bertindak keras memperbaiki diriku. Dulu aku (bodoh) karena menjejalkan obat-obat setan itu ke dalam tubuhku. Tetapi kakakku (Kania) telah berusaha kerasa memotivasi diriku. Hanya kakakku (Kania) yang tahu apa yang kuperlu. Fani juga (sudah) berusaha keras membantuku dengan mengajakku berbisnis bersama Farhan. Aku ingin (tahu) apakah aku berhasil kali ini. Memang menjalin (hubungan) bisnis dengan teman-temanku sendiri mungkin akan membantuku. Meski terkadang (gelap) masih menghantuiku. Aku bersyukur (Doni) dan Kania selalu mendukungku. Suatu pikiran (dengan) perasaan tak mudah diatur. Setiap waktu (Fani) mengajariku bagaimana menyeimbangkannya. Pertunangan indah (Kania) dan Doni sudah kutunggu. Jiwaku yang (hancur) akan kembali membaik. Rasa haru (dan) bahagia menggelayutiku. Kuharap mereka akan bahagia. Cinta mereka (nekat) tapi indah. Jika saja (aku) juga menemukan cinta seperti mereka. Aku pasti (menemukan) laki-laki itu, Fani yakin akan hal itu. Kadang-kadang (obat) dari jiwa hancur adalah cinta sejati. Calon kekasihku (tidur) di tempat yang jauh. Waktu yang (dalam) masih menyimpannya rapat. Seperti sebuah (tas) yang menyembunyikan mainan indah. Dulu sekali (Kania) sering menceritakan perumpamaan tas itu. Setiap waktu (dia) bergumam soal kekasih yang masih disembunyikan waktu. Aku mungkin (akan) bertemu dengan calon kekasihku, tapi kapan. Ingin rasanya membunuh waktu agar berhenti mempermainkanu. Namun acapkali (Fani) menyuruhku bersabar.

    Penjelasan: Kartu remi 3 hati dengan 1 titik, di sini saya berasumsi jika kita mengambil 3 kata baik dari depan dan belakang akan menemukan clue-nya. Tapi tetap saja tidak ketemu, kemudian saya berpikiran bagaimana dengan 'kata ketiga'. Awalnya setelah koma-pun tetap saya hitung sebagai kalimat, tapi saya ingat dengan tanda titik yang ada di kartu remi dan ini membuat saya mencarinya lagi tapi per kalimat. Per-tanda titik. Dan akhirnya seperti yang sudah saya jelaskan di bagian penyelsaian.

    Asumsi: Kiandra bunuh diri karena ingin menyelmatkannya/Kiandra dibunuh oleh pembunuh karena si pembunuh mengetahui siasatnya. Tapi karena Kiri berpendapat bahwa Kiandra dibunuh, maka pembunuh-nya adalah ....

    Jawaban: Kania, Kania mengetahui surat yang ditulis Kiandra, beserta kartu remi tersebut, lantas ia meremasnya dan membuangnya ke tempat sampah. Kemudian membunuh Kiandra dengan cara mencekokinya dengan obat tidur sehingga overdosis, kemudian meletakkannya di baththub agar terkesan seperti bunuh diri.

    BalasHapus
  43. "Jangan bertindak bodoh Kania. Kania sudah tahu hubungan gelap Doni dengan Fani. Kania hancur dan akan nekat. Aku menemukan obat tidur dalam tas Kania. Kania akan membunuh Fani."
    Kalimat di atas adalah hasil apabila dari setiap kalimat di surat, diambil tiga kata pertamanya. Terlalu janggal untuk sebuah kebetulan.
    Kalau merujuk pada dua petunjuknya, yaitu kartu remi 3 hati dengan titik dan surat dan kalimat petunjuk di atas, pelakunya adalah Kania. Karena surat panjang tersebut sebenarnya pesan kematian dari korban. Dan karena takut sang pelaku melihat pesan tersebut, makanya korban menulis pesan tersebut seolah tidak berarti apa-apa padahal menyimpan petunjuk.
    Analisa saya: karena keterbatasan waktu, Kiandra yang merasa nyawanya terancam akibat mengetahui rencana jahat kembarannya tergesa-gesa meninggalkan petunjuk dengan barang seadanya, yaitu kartu remi tadi. Dan menyamarkan surat yang menjadi petunjuk itu. menurut saya sih begitu, kalau menebak dugaannya Kiri setelah baca surat petunjuk tersebut.
    Lebih seru lagi sebenarnya kalau pelakunya tak lain tak bukan adalah Fina. Jadi, skenarionya begini: Fina dendam pada Doni karena memutuskan hubungan gelap mereka dan bertunangan dengan Kania. Karena rasa cemburunya, Fina merancang skenario pembunuhan ini untuk menjebak Kania. Bisa jadi Kiandra marah besar pada Fani ketika mengetahui hubungan gelapnya dengan Doni. Untuk itulah Fani menggunakan Kiandra sebagai korban, dan meninggalkan petunjuk yang menyudutkan Kania.
    Kecurigaan saya pada Fani awalnya karena dialah yang memaksa agar Kiri terlibat dan menyelidiki kasus tersebut. Biasanya kan kalau di komik Detective Conan, yang mencurigakan justru orang yang melaporkan pada polisi x)). Tapi, karena saya tidak menemukan lagi kejanggalan atau apa pun yang bisa membalikkan tuduhan ke Fani, menurut saya berdasarkan petunjuk, pembunuhnya adalah Kania.

    Nama: Ariansyah
    Twitter: @ariansyahABO
    Email: ariansyahabo@gmail.com

    BalasHapus
  44. Kiandra itu tukeran posisi sama Kania. soalnya Kiandra juga suka sm Doni. Bisa dilihat dari clue 3 hati.Juga dilihat dari kalimat 'Hanya kakakku Kania yang tahu apa yang kuperlu' dan titik itu menurutku berarti sebuah lubang. Lubang di salah satu hati yang menandakan rasa 'iri' sehingga Kiandra bertukar tempat dan membunuh Kania.

    nama : Fatima Ulya S.
    email : faulyafts@yahoo.com
    twitter : @anotheruye

    BalasHapus
  45. Pelakunya Kania. Ada cinta segitiga yang melibatkan Doni dan Kania, serta satu orang lagi yang mungkin saja bukan Kiandra karena dari suratnya sepertinya dia masih belum menemukan laki-laki impiannya.

    Alasan lainnya karena Kania orang yang sangat dekat dengan Kiandra. Dia bisa masuk ke kamar itu dan menyelesaikan urusannya tanpa mengundang kecurigaan (terutama dari teman-temannya). Dan kalau di film-film sih, seringkali si pelaku jadi orang pertama yang memberikan kesaksian kepada detektif/polisi dengan berusaha untuk melemparkan kesalahannya pada korban/orang lain.

    Maaf Mbak, tadi komennya ga sengaja ke-publish padahal belum selesai.

    BalasHapus
  46. Menurutku yang membunuh Kinadra adalah Kania, si saudara kembarnya.

    Kartu remi 3 hati itu seperti lambang adanya cinta segitiga di antara mereka meski aku tidak mengerti apa arti tanda titik hitam dari spidol itu. Karena di cerita itu tidak begitu disebutkan bagaimana dan apa hubungan antara Farhan dan Fani, jadi aku menyimpulkan kalau cinta segitiga itu melibatkan Kania dan Doni.

    Mengapa aku merujuk pada Kania sebagai pelakunya? Sebenarnya mungkin ini hanya pikiran jahatku saja. Doni adalah anak tunggal sekaligus pengusaha sukses. Wanita normal yang ingin hidup serba tercukupi pastinya tidak ingin melepaskan tipe pria yang sudah sangat mapan seperti Doni ini. Tapi siapa yang tahu apa yang terjadi pada mereka di masa SMA dulu? Dugaanku adalah Doni dan Kiandra mungkin pernah saling suka atau berpacaran tapi akhirnya harus putus tengah jalan karena suatu sebab. Entah sebab itu karena Kiandra yang jadi pengobat atau justru kandasnya cinta itulah yang jadi alasan Kiandra ngobat. Bisa jadi Doni sebetulnya belum bisa sepenuhnya berpaling dari Kiandra namun ia tak punya daya untuk kembali dengan Kiandra sehingga ia mencari sosok Kiandra pada diri Kania hingga akhirnya mereka pun jatuh cinta sampai berencana untuk tunangan.

    Kiandra menyebutkan kalau cinta Kania dan Doni itu nekat. Sayangnya aku tidak punya ide yang cukup jitu untuk menjelaskan yang satu ini. Mungkin saja itu maksudnya mereka belum lama berpacaran tapi sudah memtuskan untuk langsung tunangan.

    Nampaknya kehadiran Kiandra di antara Kania dan Doni masih menjadi ancaman bagi hubungan pasangan itu. Mungkin Fani juga tahu masalah ini makanya Fani sering memberikan saran ini itu dan menyuruh Kiandra bersabar akan suatu keadaan.

    "Suatu pikiran dan perasaan tak mudah diatur."

    Diduga Kiandra masih menyimpan rasa pada Doni tapi sesungguhnya ia juga ingin kebahagiaan bagi Doni dan saudara kembarnya. Mungkin ia berpikir kalau Kania lebih bisa membahagiakan Doni daripada Kiandra sendiri apalagi dengan keadaannya yang belum sepenuhnya pulih.

    Jadi, intinya Kania masih merasa terancam dengan adanya Kiandra di antara mereka. Kania tidak ingin jika Doni dan Kiandra bersatu apalagi saat Kiandra sembuh dari ketergantungannya. Kania menyamarkannya dengan berkata,

    "Kupikir dia sudah membaik. Aku tidak menyangka Kiandra akan bertindak senekat itu."

    Seolah dia jelas-jelas ingin memberitahu bahwa motif kasus ini adalah Kiandra bunuh diri supaya tidak perlu mencari pelaku yang sesungguhnya.

    Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com

    BalasHapus
  47. Pembunuhnya tak lain & tak bukan adalah Kania.
    Karena melalui surat yang ditinggalkan Kiandra, kita dapat melihat pesan tersirat yang ingin disampaikan Kiandra kepada sesorang. Kania sakit hati atas perselingkuhan Doni dan kemudian gelap mata untuk merencanakan pembunuhan terhadap Fani. Namun, karena Kiandra telah mengetahui niat jahat Kania lebih dulu, makanya Kania yang gelap mata kemudian sampai hati menghabisi nyawa saudara kembarnya sendiri.

    Nama: Dian Maya
    Twitter: @dianbookshelf
    Link share: https://twitter.com/dianbookshelf/status/597671263482458113


    BalasHapus
  48. Pembunuhnya adalah Kania, karena Kiandra mengetahui segala rahasia Kania termasuk hubungannya dengan Doni yang disebutkan Kiandra sebagai "cinta yang nekat", Tiga Hati melambangkan cinta atau bisa juga persahabatn antara 3 orang, karena ada titik hitamnya berarti ada 1 orang yag menghancurkan perasaan ketuganya, dan aku menduga itu adalah kisah cinta gelap Kania dan Doni sehingga Kania tak mau Kiandra membeberkannya, Kania pun memiiki banyak rahasia dengan perumpamaan yg dibuatnya ^^

    BalasHapus
  49. Mu coba ikutan ah, siapa tahu beruntung = )
    Terima kasih utk petunjuk awalnya tentang kartu remi dan surat.

    Pada pembukaan kuis, kita telah dipilihkan 4 tersangka, yaitu Kania, Doni, Farhan dan Fani. Memanfaatkan petunjuk awal, khususnya kartu remi, saya menebak motif pembunuhan ini adalah masalah hati, persis, cinta segitiga.

    Apabila ini tentang cinta segitiga, saya memutuskan untuk menggugurkan Farhan dan Fani sbg tersangka. Mengingat dalam penggalan cerita itu, tidak ada yg menunjukkan keterkaitan perasaan cinta antara mereka dgn Kiandra. Jadi, kita tinggal memiliki 2 tersangka, Doni dan Kania. Seandainya tidak harus memilih 1 di antara mereka, saya akan menempatkan mereka berdua sbg tersangka.

    Pertanyaan selanjutnya adalah, motif siapakah yg paling kuat utk menghabisi Kiandra, siapakah yg paling berkepentingan dengan kematian Kiandra? Dari komentar Doni, memang bisa ada kesan dia ingin menutupi peristiwa itu. Tapi saya pikir ini adalah hal yang wajar, mengingat hari itu adalah peristiwa besar buat dia, apa jadinya jika peristiwa itu diketahui seluruh tamunya, mau diletakkan dimana muka dia. Ini menjadi salah satu alasan bagi saya untuk menghapus dia dari deretan tersangka. Lagian, Kiandra kan calon saudara iparnya, mereka juga sudah bersahabat dari SMA.

    Jadi, kita tinggal memiliki 1 tersangka saja, yaitu Kania, saudara kembar Kiandra sendiri. Memang cukup menarik siy apabila ternyata yg mati sebenarnya adalah Kania, Kiandra membunuh Kania karena ternyata dia cinta dengan Doni juga. Tapi..., yg menjadi agak aneh adalah masa sahabatnya yg lain tidak tahu keanehan itu. Jadi, saya tetap meyakini yg mati adalah Kiandra, bukan Kania.

    Surat. Petunjuk apakah yg diperoleh Kiri dari surat itu. Menurut saya (dan mungkin Kiri, he-he-he), surat itu adalah surat rekayasa yg sengaja dibuat oleh Kania, agar terkesan pembunuhan itu sebagai sebuah tindakan bunuh diri. Sepertinya, dalam perjalanan sang waktu, Kiandra akhirnya jatuh cinta juga dengan Doni. Khawatir atas kenekatan Kiandra, Kania memutuskan utk menghabisi Kiandra, dengan memberikan obat tidur yg over dosis. Satu hal yg membuat saya menyimpulkan itu adalah isi surat yang bercerita tentang masalah bisnis, yg sedikit menyimpang dari alur perasaan cinta. Sepertinya buku motivasi, marketing dan bisnis on line di atas bantal sengaja dikondisikan oleh Kania untuk mendukung isi surat bagian tsb.

    Demikian, semoga beruntung = )

    BalasHapus
  50. Mu coba ikutan ah, siapa tahu beruntung = )
    Terima kasih utk petunjuk awalnya tentang kartu remi dan surat.

    Pada pembukaan kuis, kita telah dipilihkan 4 tersangka, yaitu Kania, Doni, Farhan dan Fani. Memanfaatkan petunjuk awal, khususnya kartu remi, saya menebak motif pembunuhan ini adalah masalah hati, persis, cinta segitiga.

    Apabila ini tentang cinta segitiga, saya memutuskan untuk menggugurkan Farhan dan Fani sbg tersangka. Mengingat dalam penggalan cerita itu, tidak ada yg menunjukkan keterkaitan perasaan cinta antara mereka dgn Kiandra. Jadi, kita tinggal memiliki 2 tersangka, Doni dan Kania. Seandainya tidak harus memilih 1 di antara mereka, saya akan menempatkan mereka berdua sbg tersangka.

    Pertanyaan selanjutnya adalah, motif siapakah yg paling kuat utk menghabisi Kiandra, siapakah yg paling berkepentingan dengan kematian Kiandra? Dari komentar Doni, memang bisa ada kesan dia ingin menutupi peristiwa itu. Tapi saya pikir ini adalah hal yang wajar, mengingat hari itu adalah peristiwa besar buat dia, apa jadinya jika peristiwa itu diketahui seluruh tamunya, mau diletakkan dimana muka dia. Ini menjadi salah satu alasan bagi saya untuk menghapus dia dari deretan tersangka. Lagian, Kiandra kan calon saudara iparnya, mereka juga sudah bersahabat dari SMA.

    Jadi, kita tinggal memiliki 1 tersangka saja, yaitu Kania, saudara kembar Kiandra sendiri. Memang cukup menarik siy apabila ternyata yg mati sebenarnya adalah Kania, Kiandra membunuh Kania karena ternyata dia cinta dengan Doni juga. Tapi..., yg menjadi agak aneh adalah masa sahabatnya yg lain tidak tahu keanehan itu. Jadi, saya tetap meyakini yg mati adalah Kiandra, bukan Kania.

    Surat. Petunjuk apakah yg diperoleh Kiri dari surat itu. Menurut saya (dan mungkin Kiri, he-he-he), surat itu adalah surat rekayasa yg sengaja dibuat oleh Kania, agar terkesan pembunuhan itu sebagai sebuah tindakan bunuh diri. Sepertinya, dalam perjalanan sang waktu, Kiandra akhirnya jatuh cinta juga dengan Doni. Khawatir atas kenekatan Kiandra, Kania memutuskan utk menghabisi Kiandra, dengan memberikan obat tidur yg over dosis. Satu hal yg membuat saya menyimpulkan itu adalah isi surat yang bercerita tentang masalah bisnis, yg sedikit menyimpang dari alur perasaan cinta. Sepertinya buku motivasi, marketing dan bisnis on line di atas bantal sengaja dikondisikan oleh Kania untuk mendukung isi surat bagian tsb.

    Demikian, semoga beruntung = )

    BalasHapus
  51. pokoknya siapa aja yang menang selamat deh...

    http://obatleukemia.toko-gumilar.com/

    BalasHapus
  52. saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan

    BalasHapus